Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPRD Karo Desak Bupati Segera Bangun TPS Pedagang Korban Kebakaran Pasar Berastagi

Foto: Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karo Dodi Sinuhaji dan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, usai menghadiri rapat paripurna bahas APBD.


Kabanjahe PH - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karo Dodi Sinuhaji mendesak Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, untuk segera membangun TPS (tempat penampungan sementara) bagi pedagang korban kebakaran Pajak Tingkat Berastagi.

Desakan itu disampaikan Dodi Sinuhaji kepada Bupati Karo, Jumat (26/11/2020) seusai rapat paripurna DPRD Karo penyampaian nota pengantar Bupati Karo atas Ranperda APBD Karo TA. 2021 di Kabanjahe. 

"Pembangunan TPS ini sangat mendesak pak Bupati, mengingat para pedagang saat ini, banyak menerima informasi simpang siur tentang pembangunan TPS, dengan berbagai lokasi, sangat rentan dipolitisir oleh pihak pihak tertentu," ujar Dodi.

Untuk menenangkan para pedagang, katanya, pihaknya selaku wakil rakyat sangat berharap agar Pemkab Karo segera nembangun TPS tersebut, agar para pedagang bisa kembali mencari nafkah, guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Menanggapi desakan tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, pembangunan TPS tetap dilaksanakan, sesuai komitmen eksekutif dan legislatif. Sekarang tinggal menunggu waktu yang tepat mungkin hanya beberapa hari ke depan akan dimulai pembangunannya.

"Masalah lokasi pembangunan TPS , titiknya sudah jelas dan saat ini dinas terkait sedang melakukan survei, tentang layak tidaknya, tergantung hasil kajian yang ada nantinya," kata Terkelin 

Sementara Kadis Koperindag Edison Karokaro mengatakan, sesuai hasil rapat pihak OPD Karo dengan DPRD Karo menyebutkan, dalam pemanfaatan bekas gedung terbakar untuk pembangunan TPS harus ada rekomendasi tenaga ahli yang menyatakan gedung tersebut layak atau tidak, tentu dalam hal ini sudah diajukan ke pihak USU untuk menelitinya. Sekarang tinggal menuggu hasilnya. 

Menurut Edison, langkah tersebut mungkin menyita waktu, sedangkan para pedagang sangat membutuhkan TPS untuk berjualan sementara. Terkait hal ini, Pemkab Karo sudah komit untuk segera membangun TPS dalam waktu yang dekat ini, sesuai kebutuhan yang ada.  

Menyangkut lokasi yang akan dibangun sesuai hasil survei pihaknya, kios TPS akan dibangun di 3 titik, yakni pertama di Jalan Perniagaan, Jalan Perdangangan dan Jalan Penghasilan Berastagi.(Cut)