Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brigjen TNI Joko Purwo Putranto Tutup Binter Terpadu

Foto: Brigjen TNI Joko Putranto

PEUREULAK - Kegiatan Binter Terpadu sebagai wujud, sinergitas Pemerintah Daerah deng an TNI bersama masyarakat mendukung dan mensukseskan pembangunan  khusus diwilayah pedesa an

Hal ini dikatakan Kepala Stafs Kodam Iskandar Muda, Brigjen TNI Joko Purwo Putranto, M.Sc, pada acara penutupan "Binter Terpadu" tahun 2020 Kodim 0104/Atim, Senin (21/12), di Posko Binter Terpadu Pondok Pesantren Assasul Islamiyah, Gampong Leuge, Kec. Peureulak.

Dijelaskan Kasdam IM, kegiatan Binter Terpadu merupakan program yang dilaksanakan secara se rentak, dilingkungan TNI AD dan dalam jajarannya. Kegiatan ini merupakan, program pembangunan Pemerintah Daerah gabung dengan program Binter terpadu TNI AD. Hal ini untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai program pembangunan sarana fisik dan non fisik yang tidak kalah penting membangun jiwa raga masya rakat untuk menumbuh kan, kesadaran terhadap ber-Bangsa dan ber-Negara.

Brigjen TNI Joko Purwo Putranto, M.Sc berharap, kebersamaan dan sinergi yang telah terjalin selama ini agar, terus dibina dan ditingkatkan. Bukan hanya pada pelaksanaan Binter Terpadu, tetapi pada kegiatan- kegiatan lainnya juga memerlukan, sinergi dan kebersamaan untuk membantu mening katkan kesejahteraan masyarakat, "tegasnya..

Selain itu Joko Purwo Pu tranto, M.Sc, menilai sang at besar dan antusiasnya sambutan dari masyarak at, terhadap pelaksanaan Binter Terpadu ini. "Saya meyakini, pelaksanaan Binter Terpadu yang dilak sanakan secara lintas sek toral, oleh TNI bersama instansi terkait, masih sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempercepat peningkatan kesejahtera an masyarakat".

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar S.Sos, M.Tr (Han). mema parkan, selama sebulan yang lalu para Babinsa, bersama masyarakat bekerja menyelesaikan program Pembinaan Teritorial Terpadu di Kecamatan Peureulak dengan menge rja kan sasaran fisik dan non fisik.

“Dalam waktu 4 minggu itu terkesan hanya seben tar, apalagi sama-sama bekerja sejak pagi hingga sore, dibawah sengatan terik matahari dan guyurran hujan. Namun rasa lelah dan panas itu hilang seketika, saat menyaksikan hasil kegiatan Binter Terpadu dapat diselesaikan dengan baik, “ucap Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar.

Adapun sasaran fisik yang dicapai, pembuatan 12 Unit Bioflok ikan Lele dan Nila, rehab Rumah Ti dak Layak Huni (RLTH) 5 unit, rehab 1unit meuna sah (tempat ibadah), merehab Makam, Syeh Ban dar Khalifah. Pembuatan 1 MCK, Budidaya Jahe, 10 Unit Budidaya ayam poto ng dan 2 Unit pembuatan Rumah Online.

Sedangkan bentuk kegia tan non fisik berupa Sosia lisasi, Komsos dengan Ko mponen Bangsa.Pemberi an bantuan sarana kontak Sekolah. Pemberian sarana kontak buku Budidaya. Pembagi an Sembako dan Sunatan massal. Untuk Kegiatan Binter Terpadu dengan menyatukan 3 metode, secara bersa maan untuk meningkatkan hasil yang lebih optimal dengan me tode Perlawanan Wilayah (Wanwil), Komunikasi So sial (Komsos) dan Bakti TNI. Papar Dandim.

Pada kesempatan itu Letkol Czi. Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han)  mengucapkan, terimaka sih kepada Pemkab, Pol res dan seluruh kompo nen masyarakat Aceh Ti mur yang telah memberi kan bantuan dan dukung an, sehingga Binter Terpa du terlaksana dengan baik sesuai tujuan dan sasaran yang diharapkan ber sama, "pungkasnya.

Bupati Aceh Timur diwakili oleh, Sekda, Ir. Mahyud din, M.Si mengucapkan, terimakasih kepada selu ruh pihak TNI yang telah melaksanakan program Pembinaan Teritorial Ter padu di wilayah Kecama tan Peureulak.

Mahyuddin, M.Si.atau di kenal dengan panggilan akrabnya, "Maayeed", me ngatakan, atas nama Pemerintahan Aceh Timur, memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan ucapan terimakasih, kepada TNI Khususnya Kodim 0104/Aceh Timur. Kegiatan ini berdampak sangat positif dan dapat membantu memajukan perekonomian serta kese jahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Timur, ujar Sekda.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Teritorial Kasdam IM, Kolonel Inf. Robby Suryadi, S.Sos. (yd)