Cawabup Tapsel Robby Agusman Harahap: Membangun Tapsel Lebih Unggul Dari Kabupaten Lain Tak Cukup Andalkan APBD

Foto: Calon Wakil Bupati Tapsel Robby Agusman Harahap saat di wawancarai usai debat pilkada digelar di Medan.

MEDAN - Calon wakil bupati (Cawabup) Tapsel Robby Agusman Harahap mengatakan, membangun Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) lebih unggul dari kabupaten lain tidak cukup hanya mengandalkan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), tapi harus memanfaatkan sektor lain dan menarik investor membangun dibidang perekonomian dan pariwisata.
"Kita ingin Tapsel bisa lebih unggul dari yang lain, baik dari sisi pembangunan dan juga mengentaskan kemiskinan. untuk ini tidak bisa dilakukan hanya dengan APBD, tapi harus memanfaatkan sektor lain seperti Coorporate Social Responsibility (CSR), dana deviden dan menarik investor agar menginvestiasikan modal ke kabupaten Tapsel," ujar Robby Agusman Harahap kepada wartawan, Senin sore (30/11/2020) di Medan, usai debat kandidat pilkada Tapsel kedua di Hotel Arya Duta Medan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan.

Menurut calon Wakil Bupati Tapsel nomor urut 1 ini, pemanfaatan sektor lain dan menarik investor diluar dari APBD, harus dilakukan agar tercipta pembangunan yang merata dan secara bertahap akan dapat mensejahterakan masyarakat, karena saat ini kehidupan masyarakat Tapsel masih jauh dari sejahtera, angka kemiskinan di kabupaten ini berkisar 9,16 persen. Ini suatu tantang dan pekerjaan rumah yang tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.

"Jika diberikan amanah memimpin, pasangan calon Bupati dan Wakil Tapsel nomor urut 1 Yusuf Siregar - Robby Agusman Harahap akan berupaya memanfaatkan dan mengelola sektor-sektor yang ada untuk membangun Tapsel, sehingga secara bertahap dapat mengurangi angka kemiskinan di Tapsel," kata Robby Agusman didampingi Penasihat Hukum Ranto Sibarani.

Selain itu, lanjut Robby, dirinya bersama Cabub Tapsel Yusuf Siregar juga akan melakukan langkah-langkah yang signifikan, yakni menjalankan program yang langsung menyentuh masyarakat seperti pengelolaan dan penyaluran dana desa atau bantuan-bantuan lain yang tepat sasaran.
 
"Kita akan menjadikan skala prioritas terhadap program-program yang untuk kepentingan pembangunan Tapsel dan menyentuh rakyat, terutama yang berada di daerah-daerah terpencil di kabupaten ini. Jujur saja, kita melihat penggunaan dana desa belum tepat sasaran peruntukkannya bukan untuk kepentingan masyarakat. Hal ini terjadi akibat lemahnya pengawasan. Selain itu, program BLT ditengah Pandemi Covid 19 yang tidak tepat sasaran. Masih terjadi di Tapsel, masyarakat yang seharusnya mendapatkan bantuan tersebut, ternyata tidak mendapatkan. Kita tidak tahu dimana salahnya, apakah pada saat pendataan atau ada kedekatan hubungan dengan kepala desa, sepertinya ada tarik-menarik antara masyarakat dan pemerintah desa. Inilah yang harus diawasi secara ketat nantinya, jelas Robby.
  
Kedepannya, tegas Robby, dirinya bersama Cabub Tapsel Yusuf Siregar, akan memperbaiki sistem yang terdapat didalam program-program langsung menyentuh rakyat, agar roda perekonomian dan pembangunan bisa dirasakan dan membawa perubahan bagi masyarakat, sehingga Tapsel bisa lebih unggul dari kabupaten lain yang ada di Sumut.
 
In sha Allah jika kita diberi kepercayaan memimpin Tapsel, kami sebagai pasangan Yusuf Siregar  Robby Agusman Harahap akan menjadikan kabupaten ini unggul dari daerah lain. Pada kesempan ini juga saya mengajak semua masyarakat untuk mendoakan pak Yusuf Siregar yang sedang kurang sehat sehingga pada debat Pilkada kedua kali ini tidak bisa hadir, ungkap Robby.(cut)