Jembatan Layang Cantilever Medan - Berastagi dan Jalan Nasional TWI Dimulai 2021

Komisi D DPRD Sumut yang dipimpin Ketua dan Wakil Ketua H Anwar Sani Tarigan dan Parlaungan Simangunsong sedang melakukan rapat dengar pendapat dengan BBPJN Sumut membahas proyek Cantilever di Jalan Medan -Berastagi, Kamis (14/1/2021) di DPRD Sumut.


MEDAN, Pelitaharian.id -
Komisi D DPRD Sumut menegaskan, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Dirjen Bina Marga BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) Sumut dipastikan akan memulai pembangunan proyek "jembatan layang" sejenis Cantilever di Jalan Medan - Berastagi berbiaya Rp90 miliar pada tahun 2021 ini.

Penegasan itu diungkapkan Ketua Komisi D  DPRD Sumut H Anwar Sani Tarigan dan Wakil Ketua Komisi D Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Kamis (14/1/2021) di DPRD Sumut seusai menggelar rapat dengar pendapat dengan Kepala BBPJN Sumut.

"Seperti diketahui, proyek Cantilever dengan sistem balok pada jembatan yang dicor di lokasi proyek maupun pemasangan menggunakan beton precast (dirakit) ini, sebelumnya telah dialokasikan anggarannya di APBN 2020. Tapi akibat munculnya virus Covid-19, akhirnya proyek ditunda, karena anggarannya terkena refocusing," tandas Anwar Sani.

Namun pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, tandas Parlaungan, tetap memenuhi janjinya dengan mengalokasikan kembali anggarannya di APBN 2021, sehingga proyek jalan yang akan mengatasi kemacetan arus lalu-lintas Medan - Berastagi ini dapat segera dimulai pembangunannya dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan penjelasan Kepala BBPJN Sumut Selamat Rasidi didampingi stafnya Simon Ginting, ujar Parlaungan dan Anwar Sani, proyek Cantilever ini akan dibangun  12 titik di jalur Medan - Berastagi, diantaranya di tikungan PDAM Tirtanadi, kawasan Sembahe dan 10 titik berada di tikungan kawasan Bandarbaru menuju Berastagi.

"Kita berharap, dengan dibangunnya proyek tersebut, dapat mengurai kemacetan jalur Medan - Berastagi yang selama ini hampir tiap hari terjadi kemacetan panjang, sehingga sangat meresahkan masyarakat pengguna jalan," tambah Parlaungan yang juga politisi Partai Demokrat Sumut ini.

Dalam kesempatan itu, Anwar Sani juga menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian PUPR yang telah mengalokasikan anggaran pembangunan jalan nasional jurusan Taman Wisata Iman  menuju Kota Sidikalang yang sudah belasan tahun rusak dan tertunda perbaikannya.

"Masyarakat tentu merasa senang mendengar penjelasan BBPJN Sumut terkait akan dibangunnya jalan nasional jurusan Taman Wisata Iman - Sidikalang tahun ini, sebab kita ketahui jalan tersebut sudah lama terkendala pembangunannya," ujar Anwar Sani.

Ganti Rugi

Sementara itu, Kepala BBPJN Sumut Selamat Rasadi dan stafnya Simon Ginting menjawab wartawan seusai rapat dengar pendapat di DPRD Sumut mengakui, proyek pembangunan Cantilever di Jalan Medan - Berastagi akan dimulai pembangunannya tahun ini.

"Ya benar, tahun ini akan dikerjakan dan anggarannya sudah dialokasikan. Saat ini kita sedang melakukan pembebasan lahan yang terkena proyek. Dalam pembebasan ini kita libatkan pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional) Deliserdang, karena berada di wilayah Deliserdang," katanya. (cut)

Posting Komentar untuk "Jembatan Layang Cantilever Medan - Berastagi dan Jalan Nasional TWI Dimulai 2021"