Peran Santri Edukasi Manfaat Vaksinasi Covid-19



Nara sumber membahas peran santri mendukung kebijakan vaksinasi nasional dilatarbelakangi data Mafindo menemukan 712 berita hoax terkait vaksinasi

JAKARTA, pelitaharian.id
- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menemukan 712 hoax terkait vaksinasi dan Covid-19 selama Agustus - Desember 2020, menempatkan Indonesia ranking kelima dunia persebaran rumor, stigma dan teori konspirasi seputar Covid-19. Data Mafindo tersebut menunjukkan persebaran hoax mengenai vaksin dan Covid-19 bisa menghambat suksesnya program  dan proses vaksinasi. 
"Banyak Masyarakat masih menerima Informasi yang salah  seputar vaksin, oleh karena itu peran santri untuk mengedukasi seputar manfaat vaksinasi nasional demi suksesnya penanganan pandemi Covid-19" ujar Pemimpin redaksi Siaran Santri Hafyz dalam keterangan rilis di Jakarta (23/1). 
Atas latar belakang tersebut, Media siaran santri berencana menyelenggarakan live podcast dengan tema "Peran Kalangan Santri Dalam Mendukung Kebijakan Vaksinasi Nasional Demi Suksesnya Penanganan Pandemi Covid-19", Selasa  (26/1/2021). 
Hafyz Marshal mengatakan, tujuan diselenggarakannya live podcast ini untuk meningkatkan pemahaman dan memaksimalkan peran kaum santri agar dapat berkontribusi mengedukasi masyarakat seputar manfaat vaksinasi demi suksesnya program vaksinasi nasional. 
Karena itu, LIve podcast akan menghadirkan narasumber Gugus Tugas Covid 19 dr. Reisa Broto Asmoro, Dokter Wisma Atlet sekaligus Alumni Pesantren Gontor dr. Tan'im dan akan dipandu oleh Pemimpin Redaksi Media Siaran Santri Hafyz Marshal. 
Kaum santri yang kesehariannya identik dengan kultur kehidupan transendental, memiliki peranan penting dalam kedudukannya sebagai makhluk sosial, untuk itu diperlukan perannya dalam rangka ikut  menggaungkan dan meliterasi isu-isu positip terkait berbagai kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 seperti mensukseskan dan ikut melakukan vaksinasi nasional. 
Sebelumnya,  media Siaran Santri bersama komunitas santri Nusantara telah melakukan gerakan  melalui aksi penyebaran konten narasi positip dan kreatif di media sosial dan lini media publik lainnya dalam rangka melakukan literasi edukasi masyarakat guna percaya dan yakin melakukan vaksinasi nasional demi suksesnya penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah. 
Media Siaran Santri bersama kalangan santri terus mengingatkan dan mengajak masyarakat agar bersama-sama tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan serta melakukan edukasi seputar pencegahan penyebaran Covid-19. "Kalangan santri akan bekerjasama dengan berbagai  ekemen masyarakat lainnya dalam mendukung kebijakan pemerintah, salah satunya program vaksinasi nasional dan tetap disiplin protokol kesehatan demi kesehatab bangsa." tambah Hafyz. 
Sementara dr. Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara Covid 19 mengatakan, bahwa santri dapat menjadi garda terdepan dalam mendukung program vaksinasi. "Saya mengajak untuk semua santri di Indonesia dapat menjadi garda terdepan dalam mensukseskan program vaksinasi nasional," jelas dr. Reisa Broto Asmoro. 
Sedangkan dr. Taniem Nawawi juga menilai peran santri pun akan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. 
"InsyaAllah peran santri juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu melaksanakan protokol kesehatan," kata dr. Taniem. 
Diharapkan dari hasil berbagsi kegiatan tersebut  dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat agar mengikuti dan melaksanakan vaksinasi nasional dan terus menjaga serta disiplin mrlaksanakan  protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.(tan).

Posting Komentar untuk " Peran Santri Edukasi Manfaat Vaksinasi Covid-19"